Bangun Karakter Bangsa Dengan Pendidikan

sekolah-rakyatArum Irsan

MANUSIA yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan peradaban suatu bangsa. Yang hanya akan bisa maju dan tidak tergerus dari bangsa-bangsa lain jika memiliki manusia-manusia pintar dan berintegritas.

Pada konteks itu pula, sistem pendidikan yang tepat tak lagi dapat ditawar. Pembangunan pendidikan secara menyeluruh pun menjadi sebuah keharusan yang wajib dikelola secara optimal oleh negara. Tiada lagi alasan bagi pemerintah untuk tidak menyediakan pendidikan secara merata, adil, dan berkualitas bagi rakyatnya.

Perlu keseriusan luar biasa bagi pengelola negara ini untuk membuat rakyatnya lebih baik. Rumusan keberhasilan sebuah pendidikan bisa kita lihat dari karakter yang muncul dari sebuah tatanan masyarakat suatu bangsa. Semakian baik karakter yang muncul, maka bisa dianggap pendidikan telah berhasil diterapkan. Namun sebaliknya, karakter negative yang muncul pertanda gagal system pendidikan yang dibangunnya. Bahkan masa depan bangsa ini ditentukan dari karakter apa yang ditanamkan oleh pendidikan.

Bukan hal-hal kosong dengan nilai-nilai yang diselipkan guru-guru 0-10, juara kelas ini dan itu. Bukan itu yang paling utama, walupun hal tersebut masuk dalam bagian komponen penilaian. Karakter terbangun dalam ruang pendidikan dari taman kanak-kanak sampai ke perguruan tinggi.

Bagaimana negara menyikapi pendidikan tercermin dari sikap negara menolak atau bahkan memberlakukan “kapitalisasi pendidikan”. Pendidikan yang murah bagi seluruh rakyat, buku yang murah, berkualitas menjadi fokus negara untuk memenuhi seluruh kebutuhan rakyatnya terhadap ilmu. Tradisi akademisi yang sehat menjadi tradisi bangsa. Dan banyak hal lain bisa diupayakan negara dalam meningkatkan kapasitas pendidikan bangsanya, dengan biaya yang tidak harus mahal.

kongres2btaman2bsiswa252c2byogyakarta252c2b1930Lihatlah bagaimana Ki Hajar Dewantara membangun Taman Siswa. Taman Siswa adalah sekolah yang mencerdaskan, sekolah yang di mana di dalamnya hadir perlawanan terhadap penjajahan. Karakter yang di bangun sangat jelas, yaitu perlawanan terhdap penindasan manusia yang satu kepada manusia yang lainnya.

Sebuah bangsa mustahil dapat bertahan dalam persaingan jika hanya mengandalkan sumber daya alam. Bangsa yang hebat ke depan ialah bangsa yang dihuni manusia-manusia berkualitas. Itulah tugas kita untuk memastikannya.

Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga ke depan kita bisa membangun Sekolah Peradaban yang nanti nya dapat berkontribusi kepada dunia. Melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkarakter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s