Anak Kecanduan “Main Video Games”??

8-kondisi-medis-mengejutkan-yang-disebabkan-bermain-gameAda Pertanyaan Yang bagus untuk kita ulas disini dari artike sebelum nya Apa Yang Sulit Dari Mendidik Anak

Pertanyaan nya  :

Jika kita sebagai orangtua baru menyadari bahwa pola yg sudah diterapkan hingga anak mencapai akil baliq ternyata keliru.
Misalnya contoh kasus :
Ada anak yang sejak kecil hyperaktif..bisa terdiam.kalau diberi PS(play station)
Kebetulan anak itu anak sulung dan punya dua adik dg jeda waktu
kelahiran satu tahun sehingga sang ibu disibukan untuk mengurus adik adiknya
Sehingga setiap si sulung rewel ibunya menyerahkan masalah ke ‘PS’
Sekarang si sulung anti sosial lebih asik dengan dunia game
Bagaimana cara memperbaiki pola ini admin ?

Uis

 

Jawaban :

Bunda yang baik, semua hal yang sudah terlanjur salah tentu menyisakan penyesalan terlebih saat kita menyadari bahwa apa yang telah kita lakukan atau berikan kepada anak kita dahulu berdampak negatif di kehidupan nya sekarang. Misalnya pada kasus yang dicontohkan bunda yakni memberikan play station (PS) untuk mengatasi kakak yang rewel saat kita tengah sibuk mengurus adik kecil yang lebih membutuhkan perhatian.
Tapi janganlah bersedih dan putus asa bunda. Ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

 

  1. Perhatikan waktu yang dimiliki sang kakak. Bisa jadi anak yang cenderung asyik main PS karena memiliki waktu luang yang banyak sepanjang hari. Tentu kita tidak bisa menghentikannya begitu saja tanpa memberi solusi. Berilah kegiatan lain pada kakak sehingga bisa menggantikan waktu luang yang dimilikinya seharian dengan bermain PS. Bunda bisa mengajaknya ke toko buku, berikan dia waktu untuk memilih buku yang disukainya. Atau bisa juga mengajaknya melakukan aktifitas di luar seperti berenang, bermain pasir di taman dan lain lain. Hal ini juga bisa kita coba perkenalkan kepada kakak seperti kegiatan olahraga, club basket, beladiri dan lainnya agar masalah interaksi sosial bisa kita atasi.

 

  1. Buat kesepakatan. Kesepakatan bersama adalah kunci keberhasilan bunda dan anak dalam mengatasi masalah. Katakan pada kakak bahwa bunda tidak melarangnya bermain PS tetapi hanya mengurangi waktunya saja dan bisa bermain PS jika memenuhi syarat yang bunda ajukan. Biarkan anak berpikir dan menyetujuinya. Berlalukan reward and punishment. Setiap anak mengikuti aturan atau syarat yang bunda ajukan dalam kesepakatan maka berilah dia reward (hadian) dengan mengizinkan nya bermain PS selama waktu yang sudah bunda tentukan pula. Tapi jika anak tidak mengikuti atau tidak bersedia memenuhi persyaratan dan aturan yang sudah disepakati maka sang anak pun harus diberi punishment (sanksi) yakni tidak diizinkan bermain PS sama sekali meski anak melakukan pemberontakan dengan memberi sikap dan tindakan impulsif, keteguhan bunda dibutuhkan dalam hal ini. Hal ini membuat anak tidak ada pilihan untuk tidak memenuhi kesepakatan karena jika dia tidak memenuhi, maka dia pun harus siap dengan kenyataan pahit yakni PS kesayangannya terpaksa harus disimpan dalam brangkas. Atau bahkan anak merasa akan kehilangan PS untuk selama lamanya.

 

  1. Berusalah untuk bisa menjadi role model bagi anak. Cobalah konsisten untuk memberikan contoh yang baik bagi anak. Tinggalkan aktifitas bunda yang mungkin menjadi rutinitas seharian sehingga anak pun melakukan hal yang sama untuk membuat dirinya terhibur. Misalnya aktifitas menonton film seri di televisi. Jika ingin anak bisa meninggalkan kebiasaan buruknya maka sang bunda pun harus rela menanggalkan sinetron maniak nya dari sinetron lokal hingga sinetron india, korea, cina dan lainnya. Sekaranglah waktunya kita menjadi role model bagi anak-anak kita. Mulailah membaca buku, mengajak anak ibadah bersama, mengajak anak berkebun, bermain air di halaman rumah, mencuci piring bersama, dan masih banyak lagi kegiatan lain tentunya yang bisa dilakukan bersama.

Kata kunci dari masalah ini adalah menyadari kesalahan dan tidak putus asa untuk melakukan perbaikan nya. Bila perlu mintalah maaf kepada anak karena keadaannya yang sekarang adalah sebab dari kesalahan kita di masa lalu.
Semoga bermanfaat. Salam sayang buat kakak.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s